• Pages

      Saturday, April 14, 2012

      Telaah Buku Teks Pada



      (BAB 7)
      PASAR


      1.      Sudut Pandang
      Dalam bukubteks Babasa Indonesia ditema Pasar menggunakan pendekatan komunikatif. Hal ini dapat dapat dilihat melalui proses pemaparan materi,  yaitu:
      a.       Membaca wacana.
      b.      Menggunakan kalimat yang komunikatif dari wacana tulis.
      c.       Memahami dan menggunakan kalimat cermat dan santun pada teks pidato dan wacana.

      2.      Kejelasan Konsep
      Dalam bab ini telah memenuhi kejelasan konsep seperti yang terdapat  di dalam tujuan pembelajaran, karena semua bab pokok bahasan telah meliputi atau memenuhi tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, seperti : penggunaan kalimat yang komunikatif dari wacana tulis, serta memahami dan menggunakan kalimat yang cermat dan santun.
      Tetapi belum memenuhi tujuan pembelajaran yang membahas tentang pemahaman dan penggunaan kalimat yang cermat dan santun dalam bidang wawancara.

      3.      Relevan dengan Kurikulum
      Dalam buku teks tersebut memungkinkan dari segi relevansi dengan kurikulum karena, setiap materi yang disusun telah disesuaikan dengan standar kurikulum yang ditentukan dari pendidikan nasional. Tanpa kurikulum para penerbit atau pencetak buku tidak akan bisa untuk  menyusun buku teks pada tingkatan sekolah, seperti SD, SMP, SMA dan sederajat.

      4.      Menarik Minat
      Dalam buku teks tersebut dapat menarik siswa untuk lebih belajar giat lagi, karena didalam materi tersebut terdapat beberapa gambar atau foto yang dapat memotivasi siswa untuk lebih semangat dalam belajar. Selain itu, dalam materinya juga terdapat gambar mengenai pelajaran atau pembahasan tentang penggunaan kalimat yang cermat, santun, dan komunikatif.

      5.      Menumbuhkan Motivasi
      Motivasi siswa dapat terbentuk atau dibangun melalui pokok bahasan seperti penggunaan kalimat yang komunikatif yang cermat dan santun. Karena didalamnya terdapat materi yang berkenaan dengan penyusunan kalimat dan pemilihan kata atau diksi dalam membuat kalimat komunikatif sehingga mereka akan termotivasi untuk dapat mengimplementasikan atau menerapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama penyusunan kalimat yang komunikatif dalam pidato.

      6.      Menstimulasi Aktivitas Siswa
      Aktivitas siswa dapat dibentuk melalui dorongan atau rangsangan dalam mengerjakan tugas-tugas yang ada seperti : pembuatan kalimat yang komunikatif dan memperbaiki teks pidato yang kurang tepat.

      7.      Ilustratif
      Dalam buku teks tersebut terdapat beberapa ilustrasi yang mampu menarik minat siswa untuk belajar, seperti : adanya gambar atau ilustrasi pasar terapung, pasar tradisional yang bergaya modern dan gambar orang sedang bercakap-cakap.  Dalam buku tersebut juga ada keterkaitan dengan bidang sastra, karena dalam buku tersebut mencantumkan gambar atau sosok seorang sastrawan yang bernama W.S. Rendra serta menjelaskan  riwayat dan hasil karya-karyanya.

      8.      Komunikatif (mudah dipahamièsusunannya jelas)
      Dalam buku teks tersebut telah memenuhi syarat bahwa buku teks haruslah kamunikatif sehingga siswa dapat memahami semua wacana yang terdapat dalam buku teks tersebut. Karena informasi yang disampaikan menggunakan bahasa yang jelas dan sederhana.

      9.      Menunjang Mata Pelajaran yang lain
      Dalam buku teks tersebut juga menunjang mata pelajaran yang lain seperti ilmu pengetahuan sosial, terutama ekonomi, karena adanya wacana mengenai pasar tradisional yang bergaya modern. Dalam hal ini mengenai kegiatan perdagangan yaitu: jual beli.

      10.  Menghargai Perbedaan Individu
      Dalam buku teks tersebut terdapat nilai-nilai yang menghargai individu lain, hal ini terdapat dalam wacana pasar. Dimana dalam pasar terdapat berbagai kepribadian dan kegiatan yang bervariasi. Sehingga perbedaan individu seperti sosial, ekonomi, dan budaya  begitu jelas dipertimbangkan.

      11.  Memantapkan Nilai-Nilai è Sosial : Sopan santun è jujur
      Dalam buku teks tersebut terdapat unsur-unsur yang memantapkan unsur-unsur dalam masyarakat, seperti : hubungan sosial, penggunaan kalimat yang komunkatif serta penggunaan kalimat yang sopan dan santun, dan kejujuran.

      1 comments:

      Post a Comment

      Subscribe To RSS

      Sign up to receive latest news